Telat Bayar Pajak Tahunan STNK, Tidak Bisa Ditilang!

Posted: Agustus 15, 2012 in Otomotif
Tag:, , ,

Hello, everyone :)

Ada beberapa pembaca menanyakan mengenai aturan tilang. “Apakah kalau Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yang terdapat di Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) telat dibayar, polisi boleh menilang motor?,” sebut salah seorang pembaca.

Daripada salah omong, mending tanya langsung kepada yang berwewenang.

“Keterlambatan membayar pajak tahunan petugas tidak berhak melakukan penindakan sebab untuk keterlambatan pajak yang berwenang adalah Dispenda bukan polisi,” jelas Kombes Rikwanto, Kabidhumas Polda Metro Jaya.

Kalau nggak bayar atau telat sanksinya berupa denda admistrasi atau denda keterlambatan. “Berbeda jika kalau masa berlaku STNK sudah habis yakni 5 tahun. Kalau itu Kepolisian berhak menilang karena dianggap motor ini gelap dan tidak memiliki STNK yang sah,” jelas Rikwanto.

Kombes Rikwanto juga mengingatkan bahwa pembayaran pajak kendaraan adalah soal kesadaran pengguna kendaran bermotor. “Karena nantinya dana itu akan kembali juga kepada masyarakat dalam bentuk perawatan dan perbaikan jalan,” katanya mengingatkan.

VIVAT SMADA !

frkun

Sumber : Motorplus

About these ads
Komentar
  1. Fijar (bijak digaris berpihak) mengatakan:

    oooo..bgitu toh..sy baru faham…..

  2. Zul mengatakan:

    Jadi bertambah wawasan saya…

  3. netral mengatakan:

    nice inpoh

  4. iwak tempe mengatakan:

    tapi ati2 dijalan…pajak telat pun jadi bahan gertakan…
    tapi pernah ane debat…ini ntar sekalian balik nama pak. lagian pajak telat nanti juga saya bayar plus dendanya…
    bagi yg g tau bakal kena peres tuh

  5. Red pulsar 180 mengatakan:

    Pernah dulu waktu 2010… pajak MX udah telat 1 tahun… tapi plat nomor masih s.d 2011.. Waktu itu kena razia polisi di pinggir jalan… ane pikir yaahh ditilang deh nih… ga taunya polisinya bilang : Mas nanti kalo ada rezeki cepat diurus ya pajak telatnya… Syukur ketemu polisi amanah, ngga main peras en gertak,, padahal ane udah pasrah kalo kena tilang karena ngga tahu (kalo pajak telat tapi plat nomor masih berlaku itu tidak kena tilang)

  6. jang mengatakan:

    wah polisi harus balikin duit gw, besok gw tagih ah

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s